Muslim Youth Night (MYN)

MY Night adalah kegiatan rutin RISKA yang diadakan setiap 2 bulan sekali, mengambil waktu di malam minggu (hari sabtu) terakhir dalam bulan tersebut. MY Night adalah salah satu cara dakwah RISKA dalam rangka mengajak remaja muslim di Indonesia menumbuhkan kecintaannya terhadap masjid. Karenanya, MY Night diadakan di masjid dan diadakan setiap malam minggu (waktu yang digunakan kebanyakan remaja untuk menghabiskan hari libur dari kegiatan rutinnya, yaitu sekolah, kuliah, dan lain-lain. Segmen usia MY Night yaitu remaja usia 15 – 25 tahun.
MY Night dikemas dengan rangkaian acara yang menarik dan disesuaikan dengan ‘culture’ tanpa mengabaikan nilai islam yang menjadi dasar dalam setiap kegiatan RISKA. MY Night mempunyai ‘jargon’ atau tagline, yaitu “MALAMKU BERSAMA ALLAH”. MY Night diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan remaja untuk mengalihkan waktu akhir pekannya di masjid dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Didalam pelaksanaannya, MY Night mempunyai beberapa kegiatan sebagai berikut:
A. Workshop
Sesi workshop diadakan sebelum waktu maghrib, biasanya diadakan pukul 10: 00 WIB, 13;00 WIB atau 15:00 WIB. Materi workshop dimaksudkan sebagai wadah remaja dalam berkreativitas (berkarya) yang dapat dipraktekkan langsung di dalam kelas workshop MY Night dipandu dengan praktisi sesuai bidang workshop tersebut. Workshop yang pernah diadakan oleh MY Night RISKA misalnya adalah:
• Membuat prakarya dari koran bekas, dipandu oleh Ebi Bag
• #Ngegambar (kelas menggambar komik) dan tips dan triknya menjadi komikus media sosial, dipandu oleh @Komikin_Ajah
• Mengubah kaos menjadi tas ramah lingkungan, dipandu oleh Dreamdelion Community
• Kelas motivasi “Set and Maximilize Your Dream”, dipandu oleh Arry Rahmawan

B. Talkshow
Sesi talkshow dilaksanakan sehabis shalat Isya, sekita 19:30 WIB. Acara talkshow merupakan acara inti pada setiap MY Night, karena talkshow menghadirkan narasumber utama yang disesuaikan dengna tema MY Night. Narasumber talkshow beragam latar belakangnya. Di sesi talkshow ini, narasumber akan memberikan materi kepada peserta, ‘sharing session’, tanya jawab dengan moderator dan juga peserta.
Sesi talkshow dalam acara MY Night dimaksudkan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada remaja agar dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimikinya melalui figur nyata yaitu narasumber yang dihadirkan dalam acara MY Night.
MY Night juga fokus dengan figur anak muda Indonesia berprestasi, terutama entrepreneur muda, juga aktivis sosial yang mempunyai gerakan masif untuk memberikan sumbangsihnya kepada lingkungan sekitar, baik dalam bidang bisnis, sosial, seni, dsb. Beberapa narasumber yang pernah dihadirkan dalam sesi talkshow MY Night diantaranya:
• Publik Figur:
 Oki Setiana Dewi, tema “Sang Inspirator – Breaking The Rules”
 Alvin Adam, tema “The Power of Social Media”
 Adhitia Sofyan, tema “Harmony of The Soul”
 Ihsan Idol, tema “Moving On, Getting Better”
 Alfito Deanova, tema “Let’s Speak, Grab Your Audience”
 Peggy Melati Sukma, tema “The New Us”
 Chalidi Asadil Alam, tema “Saturday Movie Talk”
 Chiki Fawzi, tema “We Unite, We Conquer)
• Motivator / Trainer / Praktisi :
 Jamil Azzaini, tema “Selagi Muda, Bermakna Bagi Bangsa”
 Brili Agung, tema “Light Your Ramadhan”
 Febrianti Almeera, tema “Moving On, Getting Better”
 dr. Ade Hashman, tema “Be Healthy, Be Wealthy
 Kang Maman Suherman, tema “Be A Great Muslim”
• Bedah Film :
 Film Sang Kyai
Sutradara : Rako Prijanto
Cast : Adipati Dolken, Ikranegara
 Film Haji Backpacker
Sutradara : Danial Rifki
Cast : Abimana Aryasatya, Umi Pipik
• Figur Muda :
 Al Fatih Timur (Founder Kitabisa.com)
 Rizky Ehsi Pangarso (CCO akun @Dagelan)
 Dimas Prasetyo Muharram (Pendiri Komunitas KartuNet – Karya Tuna Netra)
Dan masih banyak lagi narasumber – narasumber talkshow MY Night lainnya. Kemasan talkshow MY Night tersebut dihadirkan dengan suasana yang santai dan beretika sesuai lingkungan masjid.

C. Hiburan Musik / Seni
MY Night RISKA juga mempunyai ruang untuk menampilkan kreativitas dalam bidang seni, khususnya musik. Sesi hiburan ini, diadakan antara jeda dari sesi talkshow dan tausiyah. Acara ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa dengan seni, remaja islam dapat berkarya, sekaligus menyampaikan pesan yang positif. Musik yang dihadirkan tentunya bukan musik yang bertema seronok, hingar bingar dan juga kasar. Tetapi harus memiliki pesan yang islami, positif dan universal.
Sesi hiburan ini akan diisi secara rutin oleh penampilan dari salah satu bidang RISKA yaitu bidag seni dan olah raga (Bidang II), yaitu Volaris (Vocal Class RISKA). Volaris merupakan ‘jalur’ RISKA untuk berdakwah melalui seni. Anggota Volaris merupakan anggota aktif RISKA, musik yang dihadirkan berupa musik yang bertujuan untuk senantiasa mengingat Allah di setiap keadaan. Penampilan Volaris juga sekaligus ajang ‘campaign’ dari Bidang II untuk menarik peserta MY Night yang ingin bergabung dalam kegiatan vokal class RISKA.
Selain Volaris, MY Night juga menghadirkan beberapa pemusik dari luar RISKA yang kami undang secara khusus untuk menghibur peserta MY Night. Beberapa diantaranya yaitu:
• Trikustik
• The Analyst Band
• Okeng Manggariot Clan
• Alliance Violin Community
• Trashcoustic
• Lenuta Band

D. Tausiyah
Pada setiap MY Night, puncak acara akan ditutup dengan sesi tausiyah. Sesi ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang dari Al Qur’an, Hadits dan sumber ilmu keislaman lainnya sesuai dengan tema yang diangkat. Tausiyah diisi oleh ustad yang mempunyai kompetensi untuk menyampaikan dan meluruskan hal – hal tersebut kepada umat. Sesi tausyah ini sekaligus sebagai cara MY Night RISKA membuat konten yang seimbang antara agama dan kehidupan dunia, mengenai isu / hal yang sedang berkembang di masyarakat, khususnya remaja.
Beberapa ustad yang pernah mengisi sesi tausiyah di acara MY Night RISKA diantaranya adalah :
• Ustad Salim A. Fillah, tema “Bicaralah dengan Ilmu, Sampaikanlah Kebaikan”
• Ustad Akmal Sjafril, tema “All About Ghazwul Fiqr”
• Ustad Syarif Baraja, tema “Pesan Isra Mi’raj dan manfaat #ShalatforSuccess”
• Ustad Nizam Zufikar, tema “Menjadi Pemuda Islam Berkarakter”
• Ustad Hari Sanusi, tema “Kesehatan, Nikmat Ilahi yang Tak Ternilai Harganya”
• Dll

E. Qiyamul Lail dan Shalat Subuh Berjamaah
Event rutin MY Night juga mengajak para remaja lebih mengenal apa itu shalat tahajjud (Qiyamul Lail). Kegiatan ini biasa disebut dengan i’tikaf / mabit. MY Night di hari Sabtu biasanya berakhir di pukul 22:30 WIB. Setelah rangkaian MY Night selesai, RISKA dan Masjid Agung Sunda Kelapa mempersilahkan kepada peserta MY Night untuk bermalam hingga esok minggunya, dan kegiatan MY Night akan dilanjutkan dengan shalat Qiyamul Lail, yang merupakan shalat sangat dianjurkan dijaga oleh Allah dan Rasulullah bagi umat Islam.
Shalat Qiyamul Lail akan dipimpin oleh Imam Masjid Agung Sunda Kelapa, dan shalat Qiyamul Lail akan dilanjutka dengan shalat subuh berjamaah ditempat yang sama.

Demikianlah rangkaian acara MY Night yang diadakan RISKA, diharapkan MY Night RISKA kedepannya akan selalu berbuat yang jauh lebih baik lagi dan menjadi salah satu event yang berperan serta dalam membeikan pengaruh yang positif terhadap kemajuan / perkembangan remaja Islam.
MY Night juga selalu terbuka untuk kerjasama dengan pihak luar (eksternal) RISKA, misalnya dengan bekerjasama dengan komunitas, media partner, dan sponsor untuk mendukung berjalannya kegiatan MY Night. MY Night pernah menjalin kerjasama dengan beberapa komunitas yaitu HjabSpeak dan Hijabographic. Untuk sponsor diantaranya HiLo Sholeha, Elexmedia Komputindo, Wardah Beauty, HijUp.com, dsb. Media pertner diantaranya adalah Dream.co.id, Moelema.com, KampusUpdate, StudentJob, Laiqa Magazine.