Tips Merawat Hijab Anti Ribet Ala Remaja Islam Sunda Kelapa – RISKA

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.” QS. Al-Ahzab: 59

Dalam islam, wajib humunya menjulurkan pakaian hingga keseluruh tubuh untuk para muslimah yang sudah baligh atau dewasa, seperti tertera pada QS. Al-Ahzab : 59 diatas, maka dari itu kita sebagai muslimah tidak bisa jauh dari yang namanya busana panjang serta hijab, kerudung atau sering disebut dengan khimar. Untuk itu, RISKA mau kasih tips untuk RISKAder semua agar bisa merawat hijab supaya koleksi hijab kita gak mudah rusak! Sayangkan, kalau hijab tidak kita rawat, nanti cepat rusak dan kita jadi boros.

1. Pisahkan hijabmu dari pakaian saat ingin mencuci

Hijab punya bahan yang cenderung lebih tipis dibandingkan baju lainnya, sehingga memiliki tingkat kekuatan jahitan yang lebih lemah dibandingkan baju. Memisahkan hijab adalah cara yang baik, supaya hijabmu gak mudah rusak tekena gesekan dari baju yang tebal atau terkena luntur dari warna baju yang lain.

2. Jangan asal pilih detergen bubuk, detergen cair lebih baik

Banyak bangat nih bahan untuk hijab, semua hijab kecuali yang berbahan kaos, kurang baik jika kamu mencucinya menggunakan detergen bubuk, karena detergen bubuk memiliki konsentrasi yang jika terkena air bisa membuatnya menggumpal dan menempel pada hijabmu. Baiknya gunakan detergen cair atau sabun mandi biasa, karena konsentrasi detergennya mudah larut dalam air dan lembut. Bahkan, beberapa hijab yang menggunakan payet gak boleh kena detergen , lho!

souce : google.co.id

3. Say no to mesin cuci, dan jangan kelamaan merendam

Nah, dari pada hijabmu jadi rusak akibat putaran mesin cuci yang keras, lebih baik kamu cuci dengan tangan saja, dan jangan kelamaan merendam karena hijabmu bisa cepat rusak. Asiknya sih, sekalian kamu mandi, ya kamu cuci saja hijabmu, jadi cucian mu juga gak menumpuk, apalagi kamu yang tinggal di kost-kostan 🙂

4. Menjemur hijab di tempat teduh ya!

Karena hijab punya bahan yang tipis, udahakan menjemur di tempat yang teduh, yang tidak terkena sinar matahari langsung agar warna hijab gak mudah pudar.

5. Jangan setrika hijab dengan suhu berlebih

Kalau kamu suka menggunakan hijab berbahan chiffon, jangan pernah menyetrika nya dengan suhu yang panas kalau kamu gak mau hijabmu jadi bolong! Gunakan temperatur rendah yah. Kecuali kalau hijabmu terbuat dari kaos atau katun, boleh agak sedikit panas supaya hijab gak kusut

souce : google.co.id

6. Pilih jarum pentul yang baik, kalau bisa pindah ke lain hati aja

Untuk memilih jarum pentul, gunakan yang tajam supaya hijabmu gak bolong! Bahkan, kalau kamu gak mau hijabmu jadi bolong, kamu bisa loh menggunakan pengait dari bahan magnet yang sekarang lagi ngehits banget!

souce : google.co.id

7. Simpan hijab dengan gantungan, jangan dilipat

menyimpan hijab gak boleh ngasal, gunakan hanger pakaian untuk menyimpan khimar atau hanger khusus hijab kalau kamu mau menyimpan pashmina mu. Oia, kalau bisa kamu punya area khusus menyimpan hijab yah supaya gak gabung dengan pakaian. Melipat hijab tidak disarankan, karena akan membuat hijabmu kusut! Gak mau kan, udah capek-capek di rapihin, eh pas mau dipakai malah lecek :p

Nah, sekian dulu nih tips merawat hijab dari RISKA! Semoga bermanfaat yah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *