Kulit Kering Saat Puasa? Simak 5 Tips Ini!

Kulit Kering Saat Puasa? Simak 5 Tips Ini!

Puasa Ramadhan merupakan kegiatan yang sangat kita nantikan, gimana nggak? Karena saat Ramadhan, banyak sekali pahala yang bisa kita raih, bahkan tidur siang pun menjadi ibadahnya orang yang sedang berpuasa. Tapi, tanpa kita sadari, puasa juga memberi dampak kepada tubuh kita loh, karena kondisi tubuh yang selama beberapa jam tidak mendapat asupan, dapat menjadi penyebab kulit terutama kulit wajah menjadi kerung bahkan membuat kulit wajah mengelupas.

Oleh karena itu, di bulan puasa kita harus lebih ekstra dalam merawat kulit wajah, agar tidak kering selama puasa. Untuk mengatasi kulit wajah agar tidak kering selama bulan puasa, RISKA punya tips nya nih, disimak yah!

  1. Banyak Minum Air Putih

Kulit kering juga disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi. Meski waktu untuk minum kamu jadi berkurang, bukan berarti kamu tidak bisa mencukupi kebutuhan air putih selama bula puasa. Saat berbuka dan sahur, pastikan kamu cukup minum air putih dengan menerapkan pola 2-4-2 yakni 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat saat makan malam atau setelah tarawih, dan 2 gelas air putih saat sahur. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berbuka dan sahur, maka kelembapan kulit akan lebih terjaga dengan baik.

  1. Perbanyak Makan Buah & Sayur

Untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering selama puasa pastikan kamu banyak mengonsumsi buah-buahan segar saat buka puasa dan sahur untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah semangka, stroberi, atau tomat.

  1. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang dilakukan dengan benar bisa mencegah kulit kering dan menghilangkan kulit wajah terkelupas sekalipun. Untuk mencegah kulit kering dan menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat, selama berpuasa sebaiknya kamu rutin melakukan eksfoliasi setidaknya sebanyak dua kali dalam seminggu. Sebaiknya pilih scrub yang cocok dan bisa diterima oleh jenis kulit wajahmu ya.

  1. Menjaga Kebersihan Kulit

Selalu menjaga kebersihan wajah adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit karena dapat menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit. Meski demikian, kamu pun tidak boleh sembarangan memilih produk pembersih wajah. Pilih pembersih wajah dengan bahan ringan yang mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum sehingga tidak menimbulkan iritasi.

  1. Gunakan Sunscreen

Dampak sinar UVA dan UVB dari sinar matahari tidak hanya bisa membuat kulit wajah kusam tapi juga bisa mempercepat gejala penuaan bahkan hingga membuat kulit wajah mengelupas dan perih. Untuk mengatasi kulit kusam dan kulit wajah mengelupas dan perih agar tidak semakin parah akibat terkena sinar matahari langsung, kamu wajib memakai sunscreen yang bertuliskan broad-spectrum setiap hari. Gunakan sunscreen dengan jumlah SPF sesuai dengan aktivitasmu. Disarankan untuk memilih sunscreen yang memiliki kandungan olive oil atau aloe vera untuk meningkatkan kelembapan kulit.

 

Nah, gimana RISKA-der? Semoga tips dari kami ini bisa menjadi manfaat yah buat kalian! Selamat berpuasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *